Batik Pekalongan dan Penjelasannya
Batik Pekalongan dan Penjelasannya
Batik
asli Pekalongan terkenal dengan istilah batik pesisir kaya akan warna. Sehingga
batik pesisir terkenal dengan ragam hiasnya yang bersifat naturalis. Motif
Batik Pekalongan sangat bebas, dan menarik, beberapa diantaranya mempunyai
kesamaan dengan motif batik Yogya atau Solo, di dalam batik pekalongan kita
akan sering menjumpai dimana motifnya dimodifikasi dengan variasi warna yang
atraktif. Bahkan tidak sedikit kita jumpai pada sehelai kain batik Pekalongan
dijumpai hingga 8 warna yang berani, dan kombinasi yang dinamis. Jika dibanding
dengan batik pesisir lainnya Batik Pekalongan ini sangat dipengaruhi pendatang
keturunan Belanda dan Cina. Motif yang paling populer dan terkenal dari
pekalongan adalah motif batik Jlamprang. Berikut ini adalah contoh motif dari
Jlamprang.
Batik
Pekalongan hingga kini telah banyak dipasarkan di Indonesia yaitu hingga ke
daerah luar jawa, diantaranya adalah Sumatera selatan, Sumatera Barat,
Minahasa, Makasar, hingga Jambi. Biasanya para pedagang batik di daerah
ini memesan motif yang sesuai dengan selera dan adat daerah masing-masing.
Sejarah Singkat Batik pekalongan
Batik pekalongan merupakan
batik yang dibikin oleh masyarakat pekalongan yang kebanyakan tinggal di pesisir
utara pulau jawa. jenis busana batik pekalongan yang datang
saat ini lebih di tekankan pada motif corak serta bahan yang jadi tambah bagus,
ditambah lagi dengan warna yang seirama atau motif elegan menambah anggun serta adiluhungnya
budaya pakaian tanah air.
Peristiwa batik pekalongan
meskipun ga ada catatan resmi kapan batik mulai dikenal di pekalongan, akan tetapi
menurut perkiraan batik udah ada di pekalongan lebih kurang tahun 1800. apalagi
menurut data yang tercatat di deperindag, motif batik itu ada yang dibikin 1802, layaknya
motif pohon kecil berwujud bahan busana.
akan tetapi perubahan yang penting diperkirakan berlangsung
sesudah perang besar pada tahun 1825-1830 di kerajaan mataram yang kerap
dimaksud dengan perang diponegoro atau perang jawa. dengan berlangsungnya
peperangan ini mendesak keluarga kraton dan beberapa pengikutnya banyak yang
meninggalkan area kerajaan. mereka lantas tersebar ke arah timur serta barat. lantas
di area – area baru itu beberapa keluarga serta pengikutnya mengembangkan
batik.
ke timur batik solo serta yogyakarta menyempurnakan
corak batik yang udah ada di mojokerto dan tulungagung sampai menyebar ke
gresik, surabaya serta madura. lagi tengah ke arah barat batik berkembang di
banyumas, kebumen, tegal, cirebon serta pekalongan. karenanya ada migrasi ini, maka
batik pekalongan yang udah ada di awalnya jadi tambah berkembang.
bersamaan berjalannya waktu, batik pekalongan alami perubahan cepat
dibanding dengan area lain. di area ini batik berkembang di lebih kurang area
pantai, yakni di area pekalongan kota serta area buaran, pekajangan dan
wonopringgo.
pertemuan masyarakat pekalongan dengan beraneka bangsa layaknya
cina, belanda, arab, india, melayu serta jepang pada zaman lampau udah mewarnai
dinamika pada motif serta tata warna seni batik.
berkaitan dengan itu lebih dari satu type motif batik hasil pengaruh dari beraneka negara
tersebut yang lantas dikenal sebagai identitas batik pekalongan. motif itu, yakni batik
jlamprang, diilhami dari negeri india serta arab. selanjutnya batik encim serta
klengenan, di pengaruhi oleh peranakan cina. batik belanda, batik pagi sore,
serta batik hokokai, tumbuh cepat sejak pendudukan jepang.
perubahan budaya tehnik cetak motif tutup celup gunakan malam (
lilin ) diatas kain yang lantas dimaksud batik, benar-benar gak dapat
dilepaskan dari pengaruh negara-negara itu. ini mempertunjukkan konteks
kelenturan batik dari masa ke masa.
batik pekalongan jadi amat khas gara-gara bertopang seutuhnya pada
ratusan pengusaha kecil, bukan hanya pada segelintir pengusaha bermodal besar.
sejak berpuluh tahun lampau sampai saat ini, beberapa besar sistem produksi
batik pekalongan ditangani di rumah-rumah. menyebabkan, batik pekalongan
menyatu masat dengan kehidupan masyarakat pekalongan yang saat ini terbagi
dalam dua lokasi administratif, yaitu kotamadya pekalongan serta kabupaten
pekalongan.
pasang surut perubahan batik pekalongan, mempertunjukkan
pekalongan layak jadi ikon untuk perubahan batik di nusantara. ikon untuk karya
seni yang gak dulu menyerah dengan perubahan zaman serta senantiasa dinamis.
saat ini batik udah jadi nafas kehidupan sehari-hari warga pekalongan serta
merupakan di antara produk unggulan. perihal itu dikarenakan banyaknya industri
yang membuahkan produk batik. gara-gara populer dengan produk batiknya,
pekalongan dikenal sebagai kota batik. julukan itu datang dari satu rutinitas
yang cukup lama berakar di pekalongan. sepanjang periode yang panjang tersebut,
bermacam pembawaan, jenis guna, type rancangan, dan mutu batik ditentukan oleh
iklim serta keberadaan serat-serat setempat, factor peristiwa, perdagangan
serta kesiapan masyarakatnya kala menerima mengerti dan pemikiran baru.
batik yang disebut karya seni budaya yang dikagumi dunia, di
antara jenis tradisional yang dihasilkan dengan teknologi celup rintang, tidak
satu lantas yang sanggup datang seindah serta sehalus batik pekalongan.
motif batik pekalongan
motif batik pekalongan tidak serupa dengan motif batik area lain, struktur warna batik
pekalongan tidak serupa dengan kota solo meskipun keduanya sama baik, namun
banyak orang-orang yang menentukan di cocokkan dengan waktu yang pengin
memakainya di cocokkan dengan keadaan yang pas, serta memandang acara yang
bakal diadakan oleh orang yang mengundangkita, baik batik catat atau cap
seluruhnya punya berlebihan serta kekurangan sendiri.
bahan kain batik pekalongan
banyak type bahan kain yang difungsikan dalam pembuatan batik
pekalongan layaknya sutra, sunwash, serta yang sangat disukai banyak orang
pastinya bahan katun. ada dua bahan kain katun yang kerap difungsikan oleh
perajin batik pekalongan, yang pertama merupakan kain katun primisima dengan
kualitas terbaik serta kualitas eksport, bahan yang ke dua merupakan katun
sempurna, sama halnya dengan katun primisima kain katun sempurna juga mudah
menyerap keringat tidak panas sementara di gunakan, katun sempurna inilah yang
kerap diperlukan oleh perajin batik pekalongan, meskipun kualitas katun
sempurna di bawah katun primisima dalam kehulasannya namun dengan harga yang
relatif lebih murah katun sempurna jadi pilihan beberapa perajin untuk
menjangkau pasar yang lebih luas.
Jual Kain Batik, Jual Batik, Toko Batik Online, Jual Kain Batik Indonesia, Jual Batik Kain Murah, Toko Batik Kain Online, Kain Batik Garut
Post a Comment