Cerita Mengenani Batik Garutan

Cerita Mengenani Batik Garutan

Batik Garutan sudah ada sejak zaman dahulu, sejak pemerintahan Belanda di Indonesia. Ketika itu ada Lereng Jaksa, seorang jaksa zaman belanda yang memesan batik garut dan diberi motif yang sekarang bernama lereng jaksa *ditunjukan oleh ibu aan*. batik garutan memiliki motif-motif yang dipertahankan dari zaman belanda dan ada juga yang dimodifikasi mungkin untuk mengikuti perkembangan zaman. sampai sekarang kebanyakan batik-batik asli tradisional atau batik tulis banyak diminati oleh masyarakat. Batik garutan juga memiliki motif-motif yang asli yang benar-benar motif batik garutan. Ada tiga ciri khas batik garutan, yaitu:
1.     Biru
2.     Gading, gading yang berwarna krem atau sering disebut gadingan
3.     Dan yang terakhir adalah soga.
Soga inilah yang membedakan batik garutan dengan batik lainnya. Soga di jawa atau disebut juga sogan hanya memiliki satu warna inti, yaitu warna coklat. Berbeda dengan di garut. Motif soga di dalam batik garutan memiliki aneka warna. Seperti warna merah marun, merah bata dengan semburat warna coklat, dan warna merah cabai cerah.
Batik garutan juga memilki banyak motif, dan mencapai ratusan motif contohnya seperti dibawah ini.
1.     merak ngibing
2.     lereng jaksa
3.     lereng doktor
4.     lereng siki bonteng
5.     pecah kopi
6.     seling bunga
7.     lereng cakra
8.     lereng sepatu
9.     lereng panah
10.  ubin
11.  matahari
12.  carang ayakan
13.  lereng bilik
14.  suliga
15.  kucubung
motif garutan tidak mungkin bila disebut satu persatu karena terlalu banyak.
Di dalam batik garutan, pemberian nama untuk setiap motif diselaraskan dengan bentuk. Contohnya jika motifnya merak, maka diberi nama merak ngibing. Batik garutan tidak memberi nama yang sulit-sulit, hanya memberikan nama sesuai keadaan. Dan juga batik jawa yang merupakan jenis batik nusantara memiliki peraturan yang berbeda dengan batik garutan. Jika di Jawa, ada satu batik yang bernama sido luhur. Sido luhur ini adalah batik khusus dipakai oleh pengantin dan tidak boleh dipakai secara sembarang. Di garut juga ada batik bernama sido mukti, tetapi sido mukti tidak harus dipakai hanya oleh pengantin, motif sido mukti di garut lebih fleksibel.
Dalam agenda pemasaran, banyak batik garutan yang dipesan untuk koleksi. Para kolektor batik tidak segan-segan mengeluarkan kocek yang tidak sedikit demi bisa mengoleksi batik ini. harga batik bisa sampai satu juta lima ratus ribu rupiah. kenapa batik garutan mahal? karena proses pembuatannya tidak sebentar alias lama. Pembuatannya bisa sampai dua bulan. Proses pertama yang dilakukan adalah:
1.     ketelan. Apa itu ketelan? Ketelan adalah proses pengolahan kain. Kain batik sama halnya dengan kain biasa yang berbentuk gulungan. Gulungan kain itu dipotong dengan ukuran dua meter tujuh puluh. Setelah dipotong, kain tersebut diolah dengan cara direndam dengan menggunakan minyak kacang. Perendaman ini bisa memakan waktu sampai empat puluh hari. Namun jika tidak ada kain lagi, bisa diangkat hanya dalam waktu satu bulan. Dalam proses merendam, kain tersebut juga diaduk memakai air sapu merah. Setelah dicuci kain “diibunkan” lalu dijemur dan disetrika, setelah itu baru bisa dipakai. Fungsi dari pengolahan ketelan, yaitu:
a.      fungsinya untuk memperhalus kain
b.     membuang getah-getah yang menempel paa permukaan kain, dan
c.      memperbagus pewarnaan agar tahan lama dan lebih bersinar.
Berbeda dengan ketelan zaman dahulu, ketelan zaman sekarang sudah lebih praktis dengan ketelan berbahan kimia. Tidak perlu memakan waktu sampai berbulan-bulan, cukup tiga hari saja batik sudah jadi.
2.     Ngarengreng
Ngarengreng adalah tahap kedua dalam pembuatan batik garutan. Ngarengreng merupakan cara membuat pola di depan permukaan batik. Pola dibuat sesuai keinginan di bagian depan Sehingga di belakang kain ada tembusan. Dengan cara seperti itu bagian belakang juga bisa diwarnai. Setelah proses menggambarkan motif selesai, motif akan diwarnai engan warna berbea. Misalnya motif diwarnai dulu dnegan warna dasar biru. Tentu tidak semua biru. Oleh karena itu proses tembokan diperlukan di sini. Proses temboakan adalah proses di mana motif ditutup oleh malam. Motif yang tidak ingin dikasih warna dahulu akan ditutup malam. Sehingga tidak semua motif berwarna biru.
3.     Rorodan
Rorodan adalah tahap ketiga. Rorodan dilakukan untuk menghilangkan malam yang tadi sudah ditempel pada motif yang ingin diberi warna berbeda. Rorodan dilakukan dengan cara memasukan bati yang dipenuhi dengan malam kedalam air dengan cara dicelup-celup ke air agar malam menghilang dan tidak menempel lagi. Kegiatan ini dilakukan sampai malam benar-benar bersih dari permukan kain. Setelah bersih kain di tulis lagi dan diberi warna berbeda. Proses ini memakan waktu sampai tujuh hari.

Untuk pelestarian batik, di tempat ini sudah turun-temurun dari zaman nenek. Di sana mereka belajar otodidak. Banyak orang-orang mengikuti pembelajaran membuat batik di sini. Seperti dulu pernah ada mahasiswa ITB yang datang. Banyak orang-orang awam ingin belajar. Ada juga orang-orang di lingkungan pembuatan batik sendiri ikut coba-coba membuat. Pengerajin dan yang belajar di sini adalah orang-orang yang saling berkaitan. Seperti ibu dengan anak, ponakan dengan bibi. Namun, tidak semua orang bertahan dan bisa membuat batik, mungkin hanya satu atau dua orang saja. 
Dalam agenda pemasaran batik garutan sudah mengadakan pameran-pameran baik di dalam maupun luar negeri. Untuk di luar negeri, batik garutan sudah mengadakan pameran-pameran di arab suah empat kali, Malaysia, Singapore, prancis, dan kanada. Di kanada para pengrajin batik garutan dimintai untuk mengajar di sana. untuk di dalam negeri ada gelar batik nusantara, atau ada peliputan mengenai batik garutan.

Hambatan untuk pembuatan batik garutan dari dulu sampai sekarang tidak ada yang berarti. Mungkin hanya jika ada pesanan untuk pernikahan atau pesanan dari para artis kita melakukan lembur. Namun sampai saat ini hal itu masih bisa diatasi.
Tanggapan ibu aan mengenai batik-batik bajakan yang beredar di Indonesia. Difinisi batik sendiri adalah cara mebuatnya dengan memakai canting dan malam. dalam batik-batik bajakan tidak diberlakukan cara seperti itu. Mereka menggunakan metode printing. Jika dilihat dari cara pembuatannya saja sudah diketahui itu bukan batik namun kain dengan motif batik. Orang-orang china menciptakan alat bernama ATBM, yaitu Alat Tenun Bukan mesin lalu mereka juga menciptakan ATM alat tenun mesin. Kita juga tinggal memilih kita mau membeli yang tradisional atau batik yang murah karena pembuatannya juga murah. Di garut juga batik garutan sedang naik daun, jadi para pengunjung kota garut sudah mengetahui oleh-oleh khas garut. Ada batik, ada dodol, ada chokodot.
Filosofi dalam batik garutan sepertinya tidak terlalu dipikirkan, contohnya saja motif merak ngibing, di gambarnya ada burung merak yang sedang menari. Ada juga bulu hayam, tiap gambar di dalam batiknya dipisahkan oleh bulu hayam. jadi tidak ada makna yang berarti.
Harga yang diberlakukan dalam batik garutan bervariasi tergantung dari bahan dan tulisan. Sehingga harga memilkik level-level yang berbeda. dahulu batik garutan khusus untuk tulis sehingga yang diincar adalah kelas menengah keatas. Namun sekarang batik garutan juga membidik kelas menengah kebawah agar masyarakat semua bisa memakai batik garutan. Batik garutan juga dipakai alam upacara-upacara adat tradisional seperti dipakai dalam upacara pernikahan, sunatan, dan dipakai pejabat



Informasi Batik Garutan
| WA : 0852 2133 5870
| BBM : customer1 5B6CDCB8
| Line ID : @galeribatikabaz
Cek juga Instagram kami : Galeri_Batik_Abaz
Alamat Galeri Batik Abaz Jl. Otista No. 50 Tarogong Kaler Garut-Jawa Barat

Batik, baju batik, baju batik wanita, model baju batik kantor, model baju batik modern, batik pekalongan, baju batik modern, batik solo, batik modern, batik Indonesia, blazer batik, model baju batik wanita, gambar baju batik, model batik kerja, batik Madura, desain baju batik, model batik modern, kain batik, batik jogja, baju gamis batik, model atasan batik, gaun batik, atasan batik, batik sarimbit, model blazer batik, blus batik, dress batik modern, gambar model baju batik, model baju batik untuk kerja, kemeja batik, kebaya batik, batik wanita, baju batik terbaru, batik modern wanit, baju batik kerja wanita, model gaun batik, batik gamis, blazer batik wanita, baju muslim batik, model blus batik, batik online, batik jawa, baju batik kantor, model batik wanita, baju batik keluarga,desain batik modern, baju batik kombinasi, blezer batik, batik jawa barat, model batik muslim, batik anak, model baju batik kerja wanita, baju pesta batik, baju batik wanita modern, baju batik pesta, blus batik modern, desain baju batik wanita, model kebaya batik, baju batik modern wanita, tasan batik modern, baju batik online, batik kantor, model baju batik wanita terbaru, baju batik sarimbit, desain baju batik modern, foto baju batik, model baju batik sarimbit, blazer batik modern, baju batik murah, batik cantik, gaun pesta batik, baju batik pekalongan, gambar baju batik wanita, baju batik solo, gambar model baju batik modern, model baju batik perempuan, baju batik atasan, batik Surabaya, model blazer batik wanita, jual baju batik, koleksi baju batik, jaket batik, batik muslimah, blouse batik modern, motif baju batik, model blezer batik, batik muslim modern, jas batik, design baju batik, batik wanita modern, harga baju batik, gambar model baju batik wanita, gamis blazer batik, model baju batik untuk wanita, blazer batik wanita modern, baju batik modern, baju batik perempuan, gamis batik kombinasi blazer, gambar blazer batik, baju batik wanita terbaru, baju batik jogja, baju dress batik, kain batik modern, baju batik dress, baju kantor batik, model blazer batik terbaru, blazer batik terbaru, jas batik wanita,design baju batik wanita modernbaju batik untuk kerja, model baju blazer batik, model batik blazer, model baju batik blazer, contoh blazer batik, model jas batik, jual baju batik online, baju batik Madura, jual baju batik murah, model blazer batik wanita modern, jual baju batik wanita, busana kerja batik, model blazer batik modern, grosir baju batik murahblazer batik wanita muslimah, jual batik modern, toko baju batik, model gamis blazer batik, batik modern dress, baju blazer batik, model jas batik wanita, model blazer batik wanita terbaru, blazer wanita batik, blazer batik pria, gamis batik blazer, model baju blazer batik wanita, baju batik wanita murah, baju muslim batik modern, baju batik blazer, blazer batik muslim, blazer batik muslimah, desain blazer batik, model baju batik blazer terbaru, model blazer batik, muslimah, batik blazer wanita, batik blazer modern, batik modern 2014, blazer batik kombinasi, model blazer batik kombinasi, gambar model blazer batik, batik model blazer, contoh model blazer batik, model batik blazer wanita, blazer batik kerja, model baju jas batik, blazer kombinasi batik,model gamis batik blazer, blazer batik panjang, blazer batik murah, baju batik model blazer, blazer batik wanita terbaru, model blazer batik kerja, dress blazer batik, jual blazer batik
model blazer batik muslim, foto blazer batik, blazer batik modis, blazer batik lengan panjangmodel batik jas, baju batik model jas, jas batik modern, batik model jas, desain blazer batik wanita, toko baju batik online murah, harga blazer batik, model baju batik semi blazer, blazer batik wanita murah, blazer motif batik, blazer batik cantik, model baju batik jas, gambar blazer batik wanita, dress batik dengan blazer, blazer batik kantor, model baju batik jas wanita, jas batik perempuan, jual blazer batik wanita, model jas batik perempuan, gambar jas batik, model blazer dari batik, model blazer batik terbaru 2013, design blazer batik, blazer batik jogja, blazer batik Madura, blazer dari batik, model jas wanita batik, blazer batik unik, blazer batik couple, blazer batik solo,model model blazer batik, gambar batik blazer, blazer batik tulis, grosir blazer batik,  batik, baju batik, baju batik wanita, model baju batik kantor, model baju batik modern, batik pekalongan, baju batik modern, batik modern, batik indonesia blazer batik, model baju batik wanita, gambar baju batik, model batik kerja, batik madura, desain baju batik, kain batik, batik jogja, baju gamis batik, model atasan batik, gaun batik, atasan batik, batik sarimbit, model blazer batik, blus batik, dress batik modern, gambar model baju batik, model baju batik untuk kerja, kemeja batik, kebaya batik, batik wanita, baju batik terbaru, batik modern wanita, baju batik kerja wanita, model gaun batik, batik gamis, blazer batik wanita, baju muslim batik, model blus batik, batik online, batik jawa, baju batik kantor, model batik , anita baju batik keluarga, Batik, baju batik, blazer wanita, baju batik wanita, model baju batik kantor, model baju batik modern, batik pekalongan, baju batik modern, batik modern, batik Indonesia, blazer batik, model baju batik wanita, gambar baju batik, model blazer, model batik kerja, batik Madura, desain baju batik, model batik modern, kain batik, batik jogja, baju gamis batik, model atasan batik, gaun batik, atasan batik, batik sarimbit, model blazer batik, blus batik, dress batik modern, gambar model baju batik, model blazer terbaru, model baju batik untuk kerja, kemeja batik, kebaya batik, model blazer wanita, batik wanita, baju batik terbaru, batik modern wanita, baju batik kerja wanita, model gaun batik, batik gamis, blazer batik wanita, blazer terbaru, baju muslim batik, model blus batik, batik online, batik jawa, gamis blazer, baju blazer, baju batik kantor, model batik wanita, baju batik keluarga, desain batik modern, baju batik, kombinasi, blezer batik, batik jawa barat, gambar blazer, model batik muslim, batik anak, model baju batik kerja wanita, baju pesta batik, baju batik wanita modern, baju batik pesta, blus batik modern, desain baju batik wanita, model kebaya batik, baju batik modern wanita, atasan batik modern, Batik wanita modern, Batik wanita lengan panjang, Batik laki laki, Batik laki laki kombinasi, Batik kualitas terbaik, Batik kualitas tinggi, Batik gaya modern, Batik murah online, Batik kombinasi polos, Batik pria lengan panjang, Batik kombinasi satin, Batik pria tampan, Batik dress modern, Batik dress pinterest, Batik untuk pesta, Batik kerja wanita, Batik kerja muslim, Batik pakaian kerja, Busana batik muslim, Busana batik modern, Busana batik wanita, Model batik terbaru, Model batik kerja, Fashion batik modern, Jual batik online, Jual batik garutan, Tas batik cantik, Batik maxi dress, Batik maxi skirt, Baju batik wanita, Baju batik modern, Baju batik muslim, Baju batik coupel, Baju batik pria,  baju batik kerja,  baju batik muslim modern, baju batik muslim pesta, baju batik muslim coupel, batik muslim couple, batik muslim untuk pesta, batik muslim sarimbit, model batik terbaru 2016, model batik terbaru wanita, batik terbaru 2016, batik terbaru wanita, muslim batik terbaru, muslim batik kombinasi, muslim batik couple, kain batik murah, kain batik modern, model batik kebaya, batik artis Indonesia, batik artis pria, batik katun primis, batik katun prima, batik keluarga muslim modern, batik keluarga modern, batik keluarga murah, batik keluarga muslim, batik casual pria, batik casual modern, batik casual wanita, batik casual muslim, batik serimbit keluarga, batik serimbit, batik serimbit murah, batik serimbt modern, batik eksklusif pria, batik eksklusif wanita, batik eksklusif terkini, batik kemeja pria, batik kemeja kombinasi, batik kemeja  panjang, batik kemeja wanita, batik kemeja modern, batik dress modern, batik dress pinterest, batik dres pendek, batik dress muslim, batik gaul pria, batik gaul anak muda, batik gaul wanita, batik anak muda, batik bayi perempuan, batik bayi laki laki, gamis batik kombinasi, gamis batik modern, batik blouse pinterest, batik blouse modern, batik blazer modern, batik blazer couple, model blazer batik wanita, model blazer batik masa kini, model blouse batik, model blouse batik kerja wanita, odel blouse batik kerja terbaru, model blousebatik elegan,



Related Product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Batik Garut, Batik Garutan, WA 0852 2133 5870 Batik Tulis Garut, Jual Kain Batik Garutan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger